Berita Tekno MoboMarket ungkap kebiasaan pengguna Android di Indonesia

Berita Tekno MoboMarket ungkap kebiasaan pengguna Android di Indonesia

sumber artikel MoboMarket ungkap kebiasaan pengguna Android di Indonesia : http://www.antaranews.com/berita/477189/mobomarket-ungkap-kebiasaan-pengguna-android-di-indonesia
Jakarta (ANTARA News) - MoboMarket merilis laporan tentang tren penggunaan smartphone Android di Indonesia.

Laporan yang berjudul “Q4/2014 Indonesia Mobile Data Report, Based on MoboMarket Users Data Research” ini disusun berdasarkan hasil riset MoboMarket terhadap kebiasaan para penggunanya di Indonesia pada kuartal keempat (Q4) tahun 2014.

“Melalui laporan ini, kami ingin memberikan wawasan mengenai tren dan situasi pasar mobile di Indonesia," kata Bao Jianlei, Managing Director of Baidu Indonesia dalam siaran persnya.

"Kami berharap informasi ini dapat berguna bagi para pelaku industri mobile Internet, terutama para pengembang aplikasi, dalam mempelajari dan memahami karakteristik para pengguna mobile di negeri ini," tambahnya.

Untuk mendukung perkembangan ekosistem mobile internet di Indonesia, Baidu juga berencana untuk merilis laporan ini secara rutin pada setiap kuartal.

MoboMarket sendiri merupakan toko aplikasi khusus Android yang dikembangkan oleh Baidu, perusahaan Internet dan pengembang aplikasi asal Tiongkok.

MoboMarket diperkenalkan pada Februari 2014 dan hingga Desember 2014 telah menarik sebanyak 2,88 juta pengguna aktif bulanan (monthly active user) di Indonesia.

Hadir sebagai toko aplikasi alternatif bagi para pengguna Android di Indonesia, MoboMarket telah memiliki 517.000 aplikasi, di mana lebih dari 1.000 di antaranya merupakan aplikasi asal Indonesia.

Dari seluruh aplikasi tersebut, MoboMarket mencatat total 265 juta distribusi aplikasi telah dilakukan oleh para penggunanya selama kuartal keempat tahun 2014.

Distribusi Aplikasi: Game paling banyak diunduh
Dalam riset ini, MoboMarket menemukan bahwa game merupakan aplikasi yang paling banyak diunduh oleh para pengguna, yakni sebanyak 43 persen. Setelah game, aplikasi favorit yang paling banyak diunduh adalah sosial media sebanyak 12 persen dan aplikasi foto sebanyak 11 persen.

Jenis game yang paling banyak diunduh adalah casual game atau game ringan, yakni sebanyak 16 persen. Jenis game lain yang disukai oleh pengguna, antara lain game bergenre arcade 16 persen, balapan atau racing 12 persen, action 11 persen, dan game olah raga 7 persen.

Update Aplikasi: Sosial media paling sering diperbarui
Meskipun game menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna, namun dari sisi update, game menjadi aplikasi yang cukup jarang diperbarui, yakni hanya sebanyak 12 persen. Hal ini, menurut MoboMarket, menunjukkan rentang waktu pemakaian game oleh pengguna yang tidak terlalu lama.  

Sementara itu, jumlah update aplikasi-aplikasi sosial seperti Facebook, BlackBerry Messenger, dan Line menempati porsi terbanyak, yakni sebesar 39 persen. Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas pengguna membutuhkan aplikasi sosial untuk jangka waktu yang panjang. Dari riset ini pula, MoboMarket menemukan bahwa kebanyakan pengguna memasang tiga hingga empat aplikasi sosial dalam ponsel mereka.

Resolusi Layar: Ponsel mungil banyak dipakai
Kebanyakan pengguna Android yang mengakses MoboMarket di Indonesia, yakni sebanyak 31,89 persen, menggunakan smartphone berukuran 4 inci dengan resolusi layar 800x480 piksel.

Ukuran dan resolusi layar ponsel tersebut terbilang mungil jika dibandingkan dengan ukuran dan resolusi layar ponsel yang digunakan oleh kebanyakan pengguna MoboMarket di Tiongkok. Kebanyakan ponsel yang digunakan di Tiongkok berukuran lebih dari 4 inci dengan resolusi 1280x720 piksel.

Kebiasaan Pengguna: Waktu akses terbanyak saat tengah malam
Kebanyakan pengguna mulai mengakses ponsel mereka dengan aktif mulai pukul 17:00 WIB dan mencapai waktu puncak akses pertama pada pukul 20:00 WIB, pada saat mereka beristirahat sepulang bekerja.

Meski begitu, di luar dugaan, waktu puncak tertinggi adalah pada saat tengah malam, yakni pada pukul 23:00-24:00 WIB. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kebanyakan pengguna terbiasa  bermain dengan ponsel mereka sebelum tidur. Waktu akses ini mencapai titik terendahnya pada pukul 03:00 WIB.

Editor: Suryanto

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Mampir pada situs tips cara cepat hamil. Hatur nuhun sudah mampir pada artikel MoboMarket ungkap kebiasaan pengguna Android di Indonesia
Ranking: 5

1 comments:

  1. Hehhe bener banget tuh, Saya termasuk yang paling sering mengunduh game di mobomarket

    ReplyDelete

 
© Cara Cepat Hamil All Rights Reserved